Wednesday

GAME MAKER versus GAME ENGINE

0 Comments
gambar: Game Maker (RPG Maker XP) dan Game Engine (M.U.G.E.N)
.
Mungkinkah anda pernah berpikir apa perbedaan dari game maker dengan game engine? Pastinya ada yang jawab sama ada juga yang menjawab beda. Asal tau saja game maker dengan game engine itu sebernahnya berbeda. Apakah yang berbeda? Mari saya jelaskan dibawah ini.
.
1. Game Maker
Game maker merupakan sebuah software yang dirancang khusus untuk membuat game dengan menu-menu yang dapat mudah membantu kita dalam membuatnya. Sehingga tidak perlu terlalu banyak memerlukan tutorial dalam membuatnya. Apa contoh softwarenya? contohnya adalah RPG Maker atau Game Studio. Kedua software tersebut sudah dirancang khusus untuk membuat game sehingga kita tidak perlu repot untuk membuatnya.
2. Game Engine
Game Engine merupakan sebuah software yang digunakan orang untuk membuat game yang lebih banyak berbasis coding atau bahasa pemograman sehingga kita memerlukan software lain untuk membuatnya atau yang dikenal dengan nama Tool Game Engine. Apa contohnya, contoh game engine adalah M.U.G.E.N atau disebut MUGEN. MUGEN adalah salah satu software fighting game engine, yang hanya memerlukan cara edit (memosifikasi) atau new (membuat baru) sebuah file data, biasanya untuk membuat game dengan MUGEN membutuhkan penguasaan bahasa C dengan Allegro Library.
.
Banyak orang yang berkata kalo Game Engine itu adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menangkap sebuah gerakan manusia kedalam bahasa pemograman. Asal tau saja yah, pengertian itu jelas-jelas SALAH kaprah. Mungkin kalo kata orang “Kalo game engine itu software untuk bikin game berbasis coding, nah mesin yang bisa menapkap gerakan manusia itu apa?” Nah, saya akan jawab, mesin yang dapat menangkap gerakan manusia itu adalah “Move Capture Machine” atau “Move Machine” mesin itu adalah salah satu hardware yang digunakana orang untuk membuat game dengan software game maker maupun game engine.
.
Berikut ini adalah perbedaan game maker dengan game engine:
gm vs ge

Leave a Reply

Labels

 
Cyber Raptor © 2011 -2012 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings