Saturday

Blog tidak terindex google – bukan karena banned

0 Comments

Blog dan website yang benar-benar kena banned google tentu tidak akan terindex oleh google. Namun tidak semua blog dan website yang tidak terindex berarti kena banned google. Bisa saja karena kesalahan pengaturan blog tersebut menjadikan blog tidak terindex. Beda lagi kalau blog baru dibuat maka untuk bisa terindex google pertama kali butuh waktu , tapi kalau sampai berbulan-bulan tidak terindex padahal sudah menyebarbacklink di mana-mana berarti ada yang tidak beres dengan pengaturan blog anda

Mari kita bahas faktor internal selain banned, apa saja yang menjadikan blog anda tidak terindex.

Blogspot blogger tidak terindex google

Dalam pengaturan blogger kita bisa mengatur agar blogger tidak terindex oleh search engine. Bila anda masuk ke settings dari menu blog anda di blogger anda bisa menemukan opsi “let your search engines find your blog?” bila anda isi yes berarti search engine google dan kawan-kawan bisa merambah blog anda tapi kalau di isi No, tentu menjadikan blog blogspot anda tidak terindex.

blogger stress
Blog wordpress tidak terinde google

Blog wordpress pun bisa kita buat agar tidak terindex oleh google secara kesuluruhan :

Untuk mengblock search engine masuk ke blog wordpress silahkan masuk ke Settingsdan pilih Privacy. Dalam privacy terdapat dua opsi, pertama mengijinkan search engine mengindex dan kedua hanya tidak mengijinkan search engine mengindex tapi tetap bisa di lihat pengunjung.

Berikut contoh setting wordpress tidak terindex google

Selain itu, kita juga bisa mengatur hanya halaman / posting tertentu saja yang tidak terindex google dengan menginstall pluginRobot Meta. Salah satu Robot meta yang saya pakai memberikan 4 opsi, Index-follow , index-nofollow, noindex-follow, noindex-nofollow.

Pengaturan web deindex google

secara umum cara agar sebuah website atau halaman web bisa sengaja tidak terindex oleh search engine dengan tiga cara :

1. HTML meta tag , code yang digunakan <meta robots= ‘noindex’>

2. HTTP header ,kode yang digunakan X-Robots-tag : noindex

3. robots.txt , kode yang digunakan User-agent: * Dissallow: /

Menurut saya salah satu teknik yang paling berguna untuk noindex adalah robots.txt karena selain mudah dibuat juga mudah dipahami. Noindex berguna untuk menyembunyikan halaman-halaman web yang kita rasa melanggar aturan search engine maupun aturan adsense biar gak kena banned.

Untuk mendeteksinya anda bisa mengintall plugin Firefox SEO Doctor dari prolevac. Plugin ini bukan plugin wordpress tapi plugin addon yang diinstall di browser Mozilla firefox. begitu plugin seo doctor terinstall maka setiap kita membuka web akan bisa dilihat analisis SEO web tersebut termasuk apakah web tersebut bisa terindex atau tidak. Namun plugin ini bukan untuk menilai apakah web tersebut kena banned atau tidak.

Leave a Reply

Labels

 
Cyber Raptor © 2011 -2012 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings